Jakarta, (Tagar 16/5/2018) - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menyebutkan, persediaan pangan hingga bulan Ramadhan ini aman.

"Dari Kementan dan Bulog bilang stok (pangan) aman. Satgas Pangan daerah seluruh Polda di mana mereka juga melibatkan Satgas terkait, tinggal kita melakukan eksekusi, karena tugas pokok kami pengawasan rantai distribusi aman dan tidak banyak penyimpanan, harga masyarakat yang terbaik dan stabil dalam artian terjangkau oleh masyarakat," ucap Setyo di Mabes Polri, Rabu (16/5).

Dia menyebutkan, menghadapi bulan Ramadhan ini Satuan Petugas (Satgas) pangan akan aktif melakukan pengecekan pangan ke pasar-pasar atau gudang-gudang penyimpanan pangan.

"Saya minta Satgas Pangan daerah dan pusat aktif turun ke pasar yang diduga banyak tempat penyimpanan dan gudang-gudang dengan cara yang elegan dan soft, serta tidak menakutkan," kata Setyo.

Lanjut dia menambahkan Satgas, pangan juga sudah memberikan warning kepada siapa pun yang bergerak di bidang pangan untuk tidak memainkan harga pangan.

"Saya berharap tidak (mainkan harga) seperti itu. Produsen dapat hasil bagus, rantai distribusi tidak panjang, dan masyarakat menikmati," ungkapnya.

Jika ada pelanggaran-pelanggaran yang ditemukan, kata dia pihaknya akan melakukan penindakan. Namun pihaknya akan melihat sejauh mana pelanggaran tersebut.

"Kami tidak mau penindakan ini menimbulkan kegaduhan. Kita akan lihat sejauh apa pelanggarannya ya," tuturnya.

Dia berharap ketersedian pangan dalam bulan Ramadhan saat ini stabil Sehingga masyarakat dapat menjalankan bulan Ramadhan (puasa dan Lebaran) dengan baik dan tenang.

"Kami Satgas Pangan sepakat ingin mengulang kembali tahun lalu, karena tahun lalu pangan sangat stabil dan masyarakat bisa puasa dan Lebaran dengan tenang, karena ibu-ibu tidak ada yang minta tambahan belanja, jadi terjangkau," ujarnya. (ron)