Jakarta, (Tagar 10/8/2018) - Travelio platform penyewaan penginapan, menyediakan layanan pengelolaan properti melalui Travelio Property Management, membantu pemilik untuk mengelola properti mereka.

Travelio menggarap segmen hunian apartemen, menjadikan unit apartemen mirip dengan layanan di hotel, atau sering disebut serviced apartment.

Pemilik apartemen yang ingin unitnya disewakan dapat bergabung dengan layanan dari Travelio, pengelolaan mulai dari kebersihan hingga urusan tamu masuk-keluar, check-in dan check-out, sepenuhnya diatasi oleh Travelio.

Keuntungan bagi pemilik properti, mereka akan mendapatkan penghasilan dari menyewakan apartemen mereka, tanpa perlu mengurus operasional sehari-hari. Platform Airbnb misalnya, menyediakan layanan yang mirip, namun operasional sehari-hari penginapan sepenuhnya dilakukan oleh pemilik properti.

Tapi, apartemen yang disediakan oleh Travelio berbeda dengan serviced apartemen, misalnya Travelio tidak menyediakan sarapan dan kamar dibersihkan hanya saat tamu masuk-keluar. Jika dibandingkan dengan hotel, apartemen menawarkan suasana yang lebih mirip rumah, misalnya memiliki dapur.

“Apartemen seperti ini cocok untuk keluarga. Misalnya, bepergian dengan bayi dan butuh membuat makanan,” kata Kepala Pengembangan Bisnis Travelio Property Management, Felicia Gautama, kepada media di Jakarta, Kamis (9/8).

Disebutkan, menjelang Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang pertengahan Agustus ini, Travelio mengaku mendapatkan lonjakan pemesanan sewa properti di Jakarta, khususnya apartemen di sekitar Senayan dan Kemayoran, yang menjadi titik pusat penyelenggaraan acara.

“Kenaikannya terasa untuk pesanan menjelang dan setelah Asian Games,” kata Felicia, tanpa menyebutkan angka kenaikannya seperti dirilis Antara.

Perbedaan durasi sewa pada masa Asian Games 2018 juga dirasakan berbeda dengan hari-hari biasanya. Umumnya, Travelio banyak mendapat penyewaan harian. Namun, di masa Asian Games 2018 ini, durasi pemesanan terbanyak rata-rata dua minggu hingga satu setengah bulan.

Travelio juga memberikan potongan harga di periode Asian Games ini jika menyewa apartemen di daerah Senayan dan Kemayoran.

Disebutkan, saat ini Travelio hanya mengelola apartemen untuk bergabung dengan Property Management, yang memenuhi standard yang telah ditetapkan dan baru tersedia untuk wilayah Jakarta.

Travelio berniat melebarkan model bisnis ini ke wilayah Bandung dan Surabaya mulai Agustus ini. Sejak berjalan pada 2016 lalu, Travelio Property Management sudah mengelola sekitar 600 properti, baik milik individu maupun perusahaan.

Salah seorang pendiri Travelio, Hendry Rusli menyatakan, mereka sejak 2016 fokus mengembangkan model bisnis ini, di samping model listing, penyewaan penginapan individual yang pengelolaannya sepenuhnya diserahkan pada pemilik properti, seperti di Airbnb.

Pengguna jasa Travelio pada umumnya menyewa penginapan untuk jangka pendek, misalnya secara harian untuk keperluan liburan. Tapi, Travelio berencana mengubah posisi mereka menjadi layanan properti untuk real-estate, bukan lagi untuk tujuan wisata.

"Ke depannya, kami akan bergerak ke penyewaan jangka panjang, tidak menutup kemungkinan sebagai platform jual-beli," kata Hendry.

Travelio sejak berdiri pada 2015 lalu mencatat ribuan properti yang tergabung dalam model listing mereka, dengan cakupan wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Surabaya, dan Bandung. []