Jakarta, (Tagar 16/7/2018) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) memasang wajah-wajah populer calon legislatif untuk pemilihan legislatif 2019. Di antaranya Nafa Urbach, Olla Ramlan, dan Chris John. 

Pekerja seni Nafa Urbach mengaku memilih Partai NasDem sebagai kendaraan politik mendapatkan kursi di parlemen, karena partai yang dipimpin Surya Paloh ini tidak menerapkan mahar politik dalam seluruh proses pencalonan anggota legislatif.

"Karena NasDem tidak ada mahar sama sekali. Jadi itu membuka kesempatan buat anak-anak muda yang punya kemauan berpolitik dan kemauan membantu masyarakat," ujar Nafa Urbach, saat menemani pengurus Partai NasDem menyerahkan dokumen pendaftaran calon anggota legislatif ke KPU RI, Jakarta, Senin (16/7) dilansir Antara.

Nafa Urbach memutuskan bergabung dengan Partai NasDem dan maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI pada Pemilu Legislatif 2019.

Nafa Urbach menekankan politik tanpa mahar sangat penting diterapkan, untuk merangsang perhatian anak muda terhadap politik, sebab survei menunjukkan bahwa tidak sedikit anak muda antipati terhadap dunia politik.

Nafa sudah tiga bulan bergabung dengan NasDem itu mengaku sudah sejak lama bercita-cita menjadi seorang politisi. Caleg dari Daerah Pemilihan 6 Jawa Tengah tersebut memiliki angan duduk di Komisi VIII DPR RI untuk memperbaiki masalah pernikahan dini, kekerasan perempuan, serta pelecehan anak.

Nafa UrbachNafa Urbach. (Foto: Instagram/Nafa Urbach)

Lebih jauh mengenai dunia seni yang selama ini digelutinya, Nafa menyatakan sudah menerima izin dari pengurus DPP NasDem untuk tidak meninggalkan sepenuhnya dunia yang telah membesarkan namanya itu.

"Kalau aku nyanyi, karena kan masih ada kontrak mini album, serta kalau main film itu masih boleh. Tapi enggak sibuk main film melulu dan meninggalkan tanggung jawab sebagai wakil rakyat," ujar Nafa.

Olla Ramlan

Nama artis Olla Ramlan mencuat dalam bursa pemilihan legislatif (Pileg) 2019 tingkat DPR RI dari Daerah Pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi atau dapil Jabar IV yang maju dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).

"Kami masih menunggu informasi dari DPP Partai NasDem apakah Olla Ramlan dicalonkan di Dapil Jabar IV Kota/Kabupaten Sukabumi atau di daerah lain kami belum mengetahui," kata Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Winda Ambasri di Sukabumi, Senin.

Namun, menurutnya informasi yang diterima dari pusat, nama Olla Ramlan digadang-gadang akan maju di dapil ini untuk menjadi bakal caleg. Bahkan, ia dan jajarannya meyakini publik figur tersebut akan maju di Dapil Sukabumi ini.

Olla RamlanOlla Ramlan. (Foto: Instagram/Olla Ramlan)

Ia melanjutkan, dengan majunya Olla Ramlan di Sukabumi dipastikan akan mengubah konstelasi politik daerah ini sebab suara di masyarakat akan terpecah. Bahkan popularitas dan elektabilitas Partai NasDem khususnya di Kota maupun Kabupaten Sukabumi akan terdongkrak.

"Terlepas dari ketenaran Olla Ramlan, kami tetap harus berjuang meraih kursi sebanyak-banyaknya baik di tingkat DPRD Kabupaten Sukabumi, DPRD Provinsi Jabar dan DPR RI," tambahnya.

Di sisi lain, Winda mengatakan untuk target raihan kursi di tingkat DPRD Kabupaten Sukabumi yakni sebanyak enam kursi, selanjutnya DPRD Jabar dan DPR RI masing-masing satu kursi.

Chris John 

Partai NasDem Jawa Tengah menilai pencalonan mantan juara tinju Chris John sebagai legislator pada Pemilu 2019 bukan sekadar sebagai vote getter atau pendulang suara bagi partai ini.

"Saya sudah bertemu dengan Chris John. Dia sudah menyampaikan visinya dalam pencalonan nanti," kata Sekretaris DPW Partai NasDem Jawa Tengah Ali Mansyur di Semarang, Sabtu.

Ali Mansyur mengatakan, Chris John memiliki keinginan untuk lebih memajukan dunia tinju di Indonesia dengan jalan menjadi legislator.

Ia menuturkan bahwa mantan petinju berjulukan The Dragon itu akan maju sebagai calon anggota DPR RI.

Chris JohnChris John. (Foto: Instagram/Chris John)

Namun, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah ini belum bisa menjelaskan dari daerah mana Chris akan maju.

"Yang pasti dari Jawa Tengah, saat ini masih disusun," katanya.

Berkaitan dengan fenomena loncat partai menjelang Pemilu 2019, dia menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar pada demokrasi yang terbuka ini.

Tidak hanya Chris John, kata dia, artis Aldy Fairuz yang sebelumnya akan maju melalui PKS kini memilih NasDem sebagai perahunya.

Chris John sendiri sebelumnya tercatat sebagai kader Partai Demokrat. (af)