Pekanbaru, (Tagar 16/5/2018) - Puluhan personel Brigade Mobil bersenjata lengkap siaga serta menyisir areal Mapolda Riau setelah penyerangan teroris, Rabu pagi (16/5).

Polisi juga terlihat mengalihkan arus lalu lintas Jalan Jenderal Sudirman serta Jalan Gadjah Mada atau sekitar gedung Mapolda Riau.

Satu unit mobil Avanza yang digunakan empat terduga teroris yang berusaha menyerang Mapolda Riau masih terparkir di pintu masuk bagian utara atau Jalan Gadjah Mada.

Mobil bewarna putih tersebut terlihat rusak parah pada bagian depan dengan 'wiper' dalam kondisi aktif.

Kejadian tersebut sekitar pukul 09.00 Wib saat Kapolda Riau Irjen Pol Nandang akan memberikan pers rilis pengungkapan kasus narkoba.

Tiba-tiba satu mobil Avanza warna putih menerobos masuk melalui gerbang sebelah utara. Seorang anggota provost Polda Riau terluka dan dua wartawan yang akan meliput pres rilis juga terluka pada bagian kepala dan beberapa bagian lainnya.

Seketika setelah menabrak pagar pintu masuk Mapolda setempat, dua orang yang mengendarai mobil keluar. Dengan bersenjata tajam jenis samurai, mereka berusaha menyerang polisi yang sedang berada di pos jaga.

Dalam waktu singkat keduanya berhasil dilumpuhkan petugas. Dalam insiden ini sempat terdengar satu kali ledakan keras dari dalam gedung Mapolda Riau. Beberapa kali juga terdengar suara letusan senjata api dari dalam gedung Mapolda Riau.

Seorang polisi gugur karena ditabrak mobil terduga teroris yang berusaha dihalanginya untuk kabur. Seorang polisi lainnya terluka dan sudah dilarikan ke rumah sakit. Seorang jurnalis terluka karena terserempet mobil terduga teroris. (ant/af)