Jakarta, (Tagar 14/2/2019) - Melihat kinerja Calon Presiden Joko Widodo dalam menjalankan pembangunan infrastruktur, Deputi I Kantor Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo menilai Jokowi sudah mampu memberi arah pembangunan yang berkeadilan sosial.

Dia mengatakan dirinya salut dengan visi - misi Jokowi dalam pembangunan infrastruktur. Itu karena bagi Jokowi, pembangunan infrastruktur harus bisa memberi manfaat untuk masyarakat.

"Visi pemimpin yang melihat ke depan akan mampu memberi arah pembangunan yang berkeadilan sosial dan memberi manfaat yang signifikan pada warganya," kata Darmawan Prasodjo di Posko Cemara, Jalan Cemara Nomor 19 Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

Dia menyebutkan pembangunan infrastruktur yang sudah terlihat manfaatnya, salah satunya adalah jalan tol. Dengan pembangunan jalan tol sekarang ini, manfaatnya sudah bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Nah saat ini kita melihat tol itu terwujud dan disinilah manfaatnya yang real yang bisa kita nikmati semua," ucap dia.

Kata dia, pembangunan jalan tol sekarang ini harus bisa berguna untuk semua masyarakat, bukan hanya bagi pengguna kendaraan bermotor saja. Tetapi kedepannya harus meningkatkan ekonomi rakyat, khususnya dalam usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang akan digelar di tempat peristirahatan atau rest area.

"Memang sudah ada suatu konsep dimana jalan tol bukan hanya sebagai konektifitas, tetapi sebagai etalase agar UMKM ini hidup. Nah ini sedang dalam proses," ujarnya.

Lanjut dia menambahkan Jokowi sudah memberikan contoh UMKM yang telah ada di rest area trans Merak-Surabaya, yakni Jepara dengan industri furniture. Disana sudah ada satu sentra UMKM di rest area Cirebon ada tempat penjualan kerajinan rotan. Bukan hanya itu saja, rest Area Pekalongan juga sudah ada, penjualan batik.

"Dan pada peresmian (trans Merak-Surabaya) kemarin, pak Jokowi sudah bagaimana mencontohkan wisata kuliner di jalan tol, di rest area, ada soto, ada sate dan lain-lain,” tuturnya.

Menurut dia, Jokowi akan terus mematangkan konsep pembangunan infrasruktur, khususnya jalan tol, supaya kedepannya akan terus memberikan manfaat baik pengguna kendaraan dan UMKM.

"Nah ini ke depannya akan dikembangkan lebih lanjut bahwa akan ada centra-centra di jalan tol tersebut," ujarnya.

"Pembangunan jalan tol kedepannya akan bisa menjadi tempat dari setiap daerah untuk menjajakkan berbagai UMKM di tempat peristirahatan atau rest area," pungkasnya. []