Jakarta, (Tagar 5/6/2018) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan, pihak PO Bus untuk memperhatikan kelaikan kendaraan dengan (ramp check). Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya kecelakaan saat mudik Lebaran.

"Kami sarankan PO Bus lakukan itu (ramp check) supaya bus dapat beroperasi," kata Budi di Mabes Polri saat Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Idul Fitri, Selasa (5/6).

Menurut dia, ramp check tersebut sangat penting untuk keselamatan, karena hasil ramp check tersebut menjadi tanda bahwa kendaraan tersebut sudah layak beroperasi.

"Ini penting untuk keselamatan, hasil ramp check diberikan stiker. Penumpang agar memilih kendaraan yang sudah dilakukan ramp check," ucap dia.

Dia menambahkan, ramp check juga perlu dilakukan pada seluruh unsur moda transportasi untuk menjamin keselamatan dalam perjalanan. Untuk itu dia mengharapkan pada seluruh elemen masyarakat tidak mengabaikan hal tersebut.

"Saya tidak ingin kejadian rem blong karena kelalaian atau keuntungan saja. Dishub dan Kapolres saya minta melakukan law enforcement," ujarnya.

Dia berharap seluruh elemen yang terlibat terus bekerja keras agar kondisi arus mudin berjalan baik.

"Mudik Lebaran seperti amanat presiden, kita harus lebih baik. Presiden mengharapkan mudik bahagia dengan tagline guyub rukun," tuturnya. (ron)